Buah Roh - Kebaikan
Galatians 5:22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.
Romans 15:14 Saudara-saudaraku, aku sendiri memang yakin tentang kamu, bahwa kamu juga telah penuh dengan kebaikan dan dengan segala pengetahuan dan sanggup untuk saling menasihati.
Orang percaya di Roma sebagian besar adalah non-Yahudi (Yunani, Romawi, dsb). Mereka disebut sebagai orang kafir, karena tidak mengenal Tuhan Pencipta yang hidup. Tidak mudah bagi mereka untuk hidup taat dalam kepercayaan baru ini. Tetapi satu kualitas kerohanian yang dipuji oleh Paulus, "kamu juga telah penuh dengan kebaikan ...".
Hidup baru di dalam Roh memampukan mereka untuk menmberikan penilaian dan bertindak berdasarkan ukuran Tuhan. Budaya Yunani dan Romawi saat itu mendominasi Eropa dan Asia kecil, bangsa Yunani khususnya merasa bangga dengan peninggalan budaya dan filsafat mereka, disadari atau tidak, sebagian masih mempengaruhi kebudayaan kita, khususnya dalam ilmu pengetahuan.
Mereka memiliki tantanan kebaikan tersendiri. Tentu saja tidak semua bertentangan dengan nilai kebaikan Tuhan, tetapi sebagai warga Kerajaan Sorga, nilai Kerajaan melampaui segala nilai budaya. Dengan pertolongan Roh Kudus, orang kafir yang sombong ini dengan cepat membudidayakan buah Roh. Paulus memuji mereka, "aku sendiri memang yakin tentang kamu, bahwa kamu juga telah penuh dengan kebaikan dan dengan segala pengetahuan dan sanggup untuk saling menasihati."
Bagaimana dengan kita? Nilai kebaikan siapakah yang kita pegang? Kebaikan berdasarkan ukuran kita sendiri? Tradisi dan komunitas kita? Ataukah kita telah membudidayakan buah kebaikan yang berasal dari Tuhan ini?
"agathosoonay" (kebaikan - goodness) tidak berbeda jauh dengan kata "chrestotes" (kemurahan - kindness). Namun sudah pasti memiliki penekanan yang berbeda, jika tidak, mengapa Rasul Paulus perlu mengulangi... kemurahan, kebaikan...
Chrestotes (Kemurahan) lebih menekankan "sikap hati" kita terhadap orang lain. Agasthosoonay (kebaikan) menekankan bagaimana kita memperlakukan orang lain. Wujud kebaikan yang sudah dinyatakan untuk berbuat baik kepada orang lain.
Tidak cukup hanya beritikad baik, namun perlu juga bertindak baik. Sebaliknya, berbuat baik juga perlu bertolak dari niat baik.
Semua ini bukan usaha kita, bukan karena hikmat kita, tetapi karena karya Roh Kudus dalam jiwa kita yang senantiasa memupuk nilai-nilai kerohanian atau buah-buah Roh.
Sekali lagi, mari biarkan Roh Kudus berkarya dalam hidup kita! (PLT)
Comments
Post a Comment