Skip to main content
Visi Surga vs Visi Dunia



Enam hari sebelum Paskah, Yesus tiba di Betania dan tinggal di rumah sahabatnya Lazarus. Mujizat Yesus membangkitkan Lazarus dari kematian telah menarik perhatian khalayak ramai. Di dalam diri Yesus rakyat Israel yang tidak berdaya menghadapi penindasan pemerintah Romawi dan antek-anteknya menemukan secercah harapan. “Maut saja tidak berdaya terhadap Dia. Apa lagi yang mustahil untuk dilakukannya?” Selain rakyat banyak, kaum Zelot yang sedang memperjuangkan kemerdekaan menemukan figur pemimpin yang ideal dalam diri Yesus. Mereka siap menobatkan Yesus sebagai pemimpin revolusi.

Namun di sisi lain, para Farisi dan Guru Taurat yang selama ini menjadi antek pemerintah Romawi merasa tersaing. Mereka telah diberikan kepercayaan oleh Pemerintah Romawi untuk urusan tradisi dan religi Yahudi dan memimpin bagaikan raja kecil dengan Taurat Musa di tangan. Melihat pengaruh dan karisma Yesus, kaum Farisi dan Ahli Taurat takut kalau-kalau orang banyak akan menolak kepemimpinan mereka dan akibatnya pihak Roma akan mencabut kepercayaan mereka dan memberikan wewenang ini kepada Yesus.
Diiringi dengan ancaman dari antek-antek Roma dan sorak-sorai massa, Yesus memasuki Yerusalem. Dengan dengan ranting dan daun mereka mengelu-elukannya, “Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, Raja Israel!" Seruan yang digunakan untuk menyambut Sang Raja, seperti dinyanyikan oleh Israel kuno, “Ya TUHAN, berilah kiranya keselamatan! Ya TUHAN, berilah kiranya kemujuran!” (Maz. 118:25). Setiap kali kata “Hosana” muncul, setiap kaum laki-laki baik dewasa maupun anak-anak bersorak enam kali. Ranting palem simbol kemenangan perjuangan Makabes 200 tahun silam digunakan kembali untuk menyambut Yesus. Sungguh suatu sambutan yang meriah untuk seorang calon pemimpin bangsa! Massa begitu yakin Yesus lah Mesias yang diutus oleh Tuhan untuk memberikan mereka sukses dan kemenangan seperti yang dinubuatkan oleh Nabi Mikha. Ia akan menjadi raja mereka. Mereka siap mendukung Yesus untuk menumbangkan penjajah Roma.
Di pintu gerbang Yerusalem, visi Tuhan diperhadapkan dengan visi manusia. Orang Israel ingin menjadi bangsa yang merdeka dan lepas dari penjajahan Romawi. Visi surgawi melampaui visi rakyat Israel. Tuhan menginginkan kedamaian terjadi di seluruh jagad raya – tidak hanya sekedar lepas dari penindasan bangsa yang lebih kuat, tetapi merdeka dalam arti yang sesungguhnya, lepas dari perbudakan dosa dan hidup yang penuh dengan kemenangan.
Di pintu gerbang Yerusalem, dunia menawarkan mahkota sukses dan popularitas kepada Yesus. IA boleh mengakhiri perjalanannya di sini dan menerima mahkota itu. Dan jika IA tetap maju maka mahkota duri yang akan diraihnya. Dengan hati yang gundah gulana Yesus berkata kepada Sang Bapa, “Sekarang jiwa-Ku terharu dan apakah yang akan Kukatakan? Bapa, selamatkanlah Aku dari saat ini? Tidak, sebab untuk itulah Aku datang ke dalam saat ini.? Bapa, muliakanlah nama-Mu!"” (Yoh. 12:27, 28a).
Visi manakah yang sedang kita tuju: dunia atau surga? Bagaikan gerbang Yerusalem, dalam setiap persimpangan hidup, dunia menawarkan seribu macam janji; popularitas, uang dan kekuasaan. Visi Tuhan tidak terhenti di Yerusalem tetapi digenapi pada Paskah – Kebangkitan Kristus untuk memberikan pengharapan bagi semua umat manusia. Namun Paskah tidak akan ada tanpa salib. Yesus tidak berhenti di Yerusalem untuk menggenapi visi manusia. IA menapak jalan salib untuk menggenapi visi Tuhan, membangun Yerusalem yang baru. Bagaimana dengan visi kita? Biarlah kita tidak terpaku pada kepentingan gereja semata-mata, dan sudah pasti tidak pada kepentingan pribadi, dalam merumuskan visi. Sama seperti Yesus, kita juga tidak terhenti pada tawaran Yerusalem lama, tetapi senantiasa mencari dan meretas jalan menuju Yerusalem yang baru, meskipun harus melalui jalan salib. Milikilah visi surgawi yang senantiasa berusaha memasyurkan nama Tuhan dengan memperhatikan kehidupan umat-Nya. Bapa, muliakanlah nama-Mu! (PLT)

Comments

Popular posts from this blog

Elok Rupa vs Elok Hati

oleh: Pdt. Dr. The Paw Liang  Seandainya Musa tidak cantik….. Tuhan mendengar seruan dan tangisan bangsa Israel di Mesir. Tuhan berbelas kasihan dan memutuskan untuk menghentikan penderitaan mereka. IA merencanakan dan mempersiapkan rencananya, Musa dipakai untuk melepaskan bangsaNya. Apakah Musa dipilih dari sekian banyak bayi laki-laki yang lahir atau kah memang sudah direncanakan oleh Tuhan sebelum Musa lahir bahwa pemimpin ini akan lahir dari suku Lewi, dari keluarga Amran dan Yokhebed. Ketika Musa lahir, Alkitab mencatat, “Ketika dilihatnya, bahwa anak itu cantik, disembunyikannya tiga bulan lamanya. (Kel 2:2). Harun, abang Musa lahir sebelum Firaun mengeluarkan dekrit untuk membunuh bayi-bayi laki-laki Ibrani. Harun tiga tahun lebih tua dari Musa, adakah bayi lain yang lahir di antara mereka berdua? Tidak ada kepastian dalam hal ini. Namun sepertinya ada penekanan, “ketika dilihatnya, bahwa anak itu cantik …” tidak tega orang tuanya membunuhnya, maka disembunyikanlah bayi ini t
DO YOU WANT TO GET WELL? “When Jesus saw him lying there and learned that he had been in this condition for a long time, he asked him, ‘ Do you want to get well?’ Then Jesus said to him, ‘G et up! Pick up your mat and walk. ’” ‭‭John‬ ‭5:6, 8‬ ‭NIV Do you want to get well? Jesus cares! He sees each and everyone of us. He cares to know us. He saw the crippled at the pool of Bethesda! He knew his struggle! And He sees you and me—He sees our struggles! His mercy comes to us even before we come and cry out to Him! He asked, ‘Do you want to get well?’ His grace heals far better than our human cures! Certainly much better than the cure of the pool of Bethesda! Do you want to get well? God wants to, not just cancel our sins! But, in the words of Charles Wesley, He also wants to “break the power of cancelled sin.” What are some power of cancelled sin that still crippling you? Do you want to get well—physically, emotionally, and spiritually? Jesus says, ‘Get up! Pick up your mat and wal
Cuma itu yang bisa saya lakukan, hanya kehadiran saja Saya jadi teringat: Musa meminta kepada Tuhan, " if your presence (kehadiran) does not go with us, do not send us from here " ( jika Engkau sendiri tidak membimbing kami, janganlah menyuruh kami pergi dari tempat ini" (Kel 33:15) Kesibukan hidup menjadikan " kehadiran" menjadi sesuatu yg sulit kita berikan kepada orang lain, keluarga ( suami, istri, anak-anak, cucu2, atau orang tua) dan bahkan kepada Allah. Ironis, sama seperti Musa kita merindukan kehadiran Allah (hadiratNya) - kehadiran Roh Nya. Namun, apakah kita juga hadir di hadapanNya?  Ketika kita beribadah, baik sendiri maupun bersama-sama di gereja, apakah kita hadir di hadiratNya? secara jiwa, raga, hati, dan akal  budi? (Mar 12:30). Di hadapan orang-orang yang kita kasih? Ketika secara fisik kita hadir pun, perlu kita cek apakah Jiwa dan hati kita juga hadir di sana? Fenomena sekarang, ketika fisik sudah