Skip to main content

Buah Roh - Kebaikan





Galatians 5:22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

Romans 15:14 Saudara-saudaraku, aku sendiri memang yakin tentang kamu, bahwa kamu juga telah penuh dengan kebaikan dan dengan segala pengetahuan dan sanggup untuk saling menasihati.



Orang percaya di Roma sebagian besar adalah non-Yahudi (Yunani, Romawi, dsb). Mereka disebut sebagai orang kafir, karena tidak mengenal Tuhan Pencipta yang hidup. Tidak mudah bagi mereka untuk hidup taat dalam kepercayaan baru ini. Tetapi satu kualitas kerohanian yang dipuji oleh Paulus, "kamu juga telah penuh dengan kebaikan ...". 

Hidup baru di dalam Roh memampukan mereka untuk menmberikan penilaian dan bertindak berdasarkan ukuran Tuhan. Budaya Yunani dan Romawi saat itu mendominasi Eropa dan Asia kecil, bangsa Yunani khususnya merasa bangga dengan peninggalan budaya dan filsafat mereka, disadari atau tidak, sebagian masih mempengaruhi kebudayaan kita, khususnya dalam ilmu pengetahuan.

Mereka memiliki tantanan kebaikan tersendiri. Tentu saja tidak semua bertentangan dengan nilai kebaikan Tuhan, tetapi sebagai warga Kerajaan Sorga, nilai Kerajaan melampaui segala nilai budaya. Dengan pertolongan Roh Kudus, orang kafir yang sombong ini dengan cepat membudidayakan buah Roh. Paulus memuji mereka, "aku sendiri memang yakin tentang kamu, bahwa kamu juga telah penuh dengan kebaikan dan dengan segala pengetahuan dan sanggup untuk saling menasihati."

Bagaimana dengan kita? Nilai kebaikan siapakah yang kita pegang? Kebaikan berdasarkan ukuran kita sendiri? Tradisi dan komunitas kita? Ataukah kita telah membudidayakan buah kebaikan yang berasal dari Tuhan ini?

"agathosoonay" (kebaikan - goodness) tidak berbeda jauh dengan kata "chrestotes" (kemurahan - kindness). Namun sudah pasti memiliki penekanan yang berbeda, jika tidak, mengapa Rasul Paulus perlu mengulangi... kemurahan, kebaikan...

Chrestotes (Kemurahan) lebih menekankan "sikap hati" kita terhadap orang lain. Agasthosoonay (kebaikan) menekankan bagaimana kita memperlakukan orang lain. Wujud kebaikan yang sudah dinyatakan untuk berbuat baik kepada orang lain.

Tidak cukup hanya beritikad baik, namun perlu juga bertindak baik. Sebaliknya, berbuat baik juga perlu bertolak dari niat baik.

Semua ini bukan usaha kita, bukan karena hikmat kita, tetapi karena karya Roh Kudus dalam jiwa kita yang senantiasa memupuk nilai-nilai kerohanian atau buah-buah Roh.

Sekali lagi, mari biarkan Roh Kudus berkarya dalam hidup kita!  (PLT)

Comments

Popular posts from this blog

DO YOU WANT TO GET WELL? “When Jesus saw him lying there and learned that he had been in this condition for a long time, he asked him, ‘ Do you want to get well?’ Then Jesus said to him, ‘G et up! Pick up your mat and walk. ’” ‭‭John‬ ‭5:6, 8‬ ‭NIV Do you want to get well? Jesus cares! He sees each and everyone of us. He cares to know us. He saw the crippled at the pool of Bethesda! He knew his struggle! And He sees you and me—He sees our struggles! His mercy comes to us even before we come and cry out to Him! He asked, ‘Do you want to get well?’ His grace heals far better than our human cures! Certainly much better than the cure of the pool of Bethesda! Do you want to get well? God wants to, not just cancel our sins! But, in the words of Charles Wesley, He also wants to “break the power of cancelled sin.” What are some power of cancelled sin that still crippling you? Do you want to get well—physically, emotionally, and spiritually? Jesus says, ‘Get up! Pick up your mat and wal
Cuma itu yang bisa saya lakukan, hanya kehadiran saja Saya jadi teringat: Musa meminta kepada Tuhan, " if your presence (kehadiran) does not go with us, do not send us from here " ( jika Engkau sendiri tidak membimbing kami, janganlah menyuruh kami pergi dari tempat ini" (Kel 33:15) Kesibukan hidup menjadikan " kehadiran" menjadi sesuatu yg sulit kita berikan kepada orang lain, keluarga ( suami, istri, anak-anak, cucu2, atau orang tua) dan bahkan kepada Allah. Ironis, sama seperti Musa kita merindukan kehadiran Allah (hadiratNya) - kehadiran Roh Nya. Namun, apakah kita juga hadir di hadapanNya?  Ketika kita beribadah, baik sendiri maupun bersama-sama di gereja, apakah kita hadir di hadiratNya? secara jiwa, raga, hati, dan akal  budi? (Mar 12:30). Di hadapan orang-orang yang kita kasih? Ketika secara fisik kita hadir pun, perlu kita cek apakah Jiwa dan hati kita juga hadir di sana? Fenomena sekarang, ketika fisik sudah
  聖靈的果子   和平 以弗所書 2:11-18 黄宝亮牧师   喜樂與平安就像雙胞胎。總是一起到來,有時是三胞胎:愛、喜樂與和平。保羅在他的書信中 21 次提到了 喜樂和 43 次和平。 喜樂與平安並非理所當然從基督教信仰蹦出來。上帝國度的主要標誌喜樂與平安存在於我們生活中的(羅馬書 14:17 “ 因為神的國不在乎吃喝,只在乎公義、和平,並聖靈中的喜樂 ” ) 約翰福音 14:27 “ 我留下平安給你們;我將我的平安賜給你們。我所賜的,不像世人所賜的。你們心裡不要憂愁,也不要膽怯 ” 喜樂與平安是我們事奉上帝和取悅上帝的方式,而不是使用焦慮和憂慮的方式。喜樂與平安是信心盼望的基本要素。 問題:聖靈賜予什麼樣的平安? 耶穌是和平 耶穌幫助我們與神和好( Peace with God ),藉著衪的死,衪使我們與神和好。我們所有的債務、罪孽和過失,都被祂的寶血洗淨。我們開啟與上帝一起生命的新篇章。 耶穌幫助我們與他人和好 (Peace with others) ,藉著衪的死,衪也拆毀了所有的隔離牆 — 對於以弗所的基督徒來說,就是遵守律法的猶太基督徒和被認為是野蠻、無神和疏遠的外邦人(希臘人)之間的文化牆。現在這兩個群體是 “ 一個家庭,一個身體 ” ,基督是元首。 指導方針不再是律法。而是耶穌基督,道成了肉身,住在我們中間。當我們閱讀聖經時,我們正在閱讀的是 “ 耶穌的生活 ” ,這將是我們生活的靈感和目標 — 要成爲像耶穌一樣。 我們越來越感受到地球的受傷、炎熱和兇猛的影響。 災難不斷來襲。我們如何才能與自然和其它創造物和平相處? 當基督使我們與神和好。我們生命始於新的一頁 “ 我們與上帝的生活故事 ” — 我們如何每天以基督的方式,和平的方式與基督一起生活,正如耶利米書 29:11 所寫的,我知道我向你們所懷的意念是賜平安的意念,不是降災禍的意念,要叫你們末後有指望。 耶穌賜給我們神的平安 (Peace of God) 當基督的靈住在我們裡面時,神的平安就住在我們裡面。不是世界所給予的和平。 當貧窮的時候,會擔心吃什麼,孩子的未來會怎樣。世界說,賺錢。當你就發財了,就沒有什麼讓你擔心的。是對的嗎? 已經很富有的人,擔心在哪裡儲藏他們的財富。是否我兒子將來能管理我留下的財